RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Nama Sekolah : SDIT
AL MARJAN
Mata pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas / semester : 2
(dua) / II (dua)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2
x 35 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas
Berbicara
Meniru
instruksi dan informasi sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima dalam konteks yang sesuai
- Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks yang sesuai
- Melafalakan kosakata sederhana secara
berterima dalam konteks yang tepat
Indikator : - Dapat menyebutkan bagian-bagian
tubuh dengan tepat melalui lagu
- Dapat
menunujukkan anggota tubuh yang disebutkan dalam perintah/soal
- Dapat
menyebutkan lima panca indra
- Dapat
menyebutkan fungsi dari beberapa anggota tubuh
I. Tujuan pembelajaran : - Siswa dapat mengetahui nama-nama anggota tubuh dalam bahasa Inggris
- Siswa dapat menyebutkan
anggota tubuh dengan lafal yang tepat
- Siswa dapat mengetahui kegunaan anggota tubuh tertentu
II.
Karakter siswa yang diharapkan: Peduli dan rasa syukur
III. Materi ajar (Materi Pokok) : PARTS OF BODY
IV. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, latihan, penugasan, demontrasi, bernyanyi
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Pendahuluan :
- Menyiapkan kelas, mengucapkan salam, dan menanyakan kabar
- Menyanyikan lagu
B. Kegiatan inti :
1.
Eksplorasi
- Siswa diperlihatkan macam-macam gambar
anggota tubuh.
- Siswa diminta untuk menunjukkan anggota
tubuh yang dsebutkan guru.
2.
Elaborasi
- Siswa mendengarkan lagu yang diberikan
guru
- Siswa berlatih nyanyian tersebut sambil menunujukan anggota
tubuh yang dimaksud
-
Guru
membagi siswa untuk saling bersahutan dalam menyanyikan lagu-lagu tersebut
- Beberapa siswa maju ke depan kelas dan memimpin
teman-temannya untuk
menyanyikan lagu-lagu anggota tubuh yang telah dipelajari
3.
Konfirmasi
- Guru bertanya kepada siswa fungsi dari
panca indera
- Guru bersama siswa bermain
tebak anggota tubuh.
C. Kegiatan akhir :
- Mengadakan refleksi hasil belajar
- Guru
memberikan soal/ pertanyaan tentang anggota tubuh dan panca indera
V. Alat dan sumber belajar : - Buku sumber kelas 2
- Buku pegangan guru
- Gambar
VI. Penilaian :
Indikator
penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen/soal
|
·
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat melalui lagu
·
Dapat
menunujukkan anggota tubuh yang disebutkan dalam perintah/soal
·
Dapat
menyebutkan lima panca indra
·
Dapat
menyebutkan fungsi dari beberapa anggota tubuh
|
Tes lisan
Gerakan
Tes tulis
Tes tulis
|
Hafalan
Menunjukkan
anggota tubuh
Jawaban
Singkat
Essay
Jawaban singkat
|
·
Nyanyikan lagu part of body dengan tepat!
·
Nyanyikan lagu part of body dengan menunjukkan anggota
tubuh yang disebutkan!
·
Sebutkan lima panca indera!
·
Sebutkan fungsi dari mata!
·
Hidung dalam bahasa inggris adalah....
(5 butir soal)
|
Format Kriteria Penilaian
1.
Produk (hasil mengerjakan soal)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
skor
|
1.
|
Konsep
|
· Betul 5
· Betul 4
· Betul 3
· Betul 2
· Betul 1
|
10
8
6
4
2
|
2.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Partisipasi
|
· Aktif
· Kadang-kadang
aktif
· Tidak aktif
|
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
no
|
Nama siswa
|
Performansi
(partisipasi)
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
4
5.
6.
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai = (jumlah
skor maksimal) X 10
· Untuk siswa yang
belum memenuhi nilai sesuai KKM maka diadakan remedial
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Henny Suswati, S.Pd Anna Fauziah, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar